Praktikum Pengantar Sistem Telekomunikasi (PST)

Posted: April 14, 2009 in Cerita, Pendidikan
Tags: , , , ,

Praktikum Pengantar Sistem Telekomunikasi atau yg lebih akrab dikenal dengan sebutan Praktikum PST… merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi setiap Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang bersifat praktik. Melalui praktikum ini diharapkan semua mahasiswa semester II dapat mengenal lebih awal dan memahami lebih dalam pembelajaran yang didapatkan sebelumnya secara teori melalui mata kuliah Pengantar Sistem Telekomunikasi.

Telekomunikasi Multimedia

Logo Bidang Studi Telekomunikasi Multimedia, Elektro ITS

Laboratorium Jaringan Telekomunikasi atau yang lebih akrab disebut Lab B301, merupakan salah satu laboratorium yang memfasilitasi praktikum ini. Oleh sebab itu, lab ini dikenal paling eksis dan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan praktikum dari keempat laboratorium telekomunikasi lainnya di Jurusan Teknik Elektro ITS. Tidak hanya paling eksis, lab ini juga selalu paling banyak menerima jumlah praktikan di tiap semesternya. Untuk semester ini saja (Semester Genap Kurikulum 2008/2009) Praktikum PST diikuti oleh sekitar 190 praktikan. Angka yang terbilang tidak kecil, bahkan bisa dikatakan dua kali jumlah praktikan dari praktikum yang ada pada umumnya di Elektro ITS.

Untuk itulah perlu dibentuknya suatu kelompok Asisten Praktikum PST yang membantu dalam mengkoordinir dan membimbing praktikan dalam mata kuliah tersebut secara langsung. Salah satu istimewanya adalah Asisten Praktikum PST yang dibentuk bukanlah dari kalangan Dosen maupun Asisten Dosen melainkan dari kalangan mahasiswa Bidang Studi Telekomunikasi itu sendiri, mahasiswa angkatan III, IV dan V yang telah diakui jaminannya dan lulus seleksi menjadi Asisten Praktikum PST.😀

Asisten Praktikum PST

Asisten Praktikum PST

Tidak hanya calon Asisten Praktikum PST saja yang melalui seleksi, praktikan (peserta praktikum) pun juga diharuskan mengikuti seleksi yang dikenal dengan Pretest Praktikum PST. Hanya peserta yang mengikuti dan lulus pretest lah yang mempunyai kesempatan untuk mengikuti praktikum ini. Yang kuat yg menang dan yang lemahlah akan binasa… (wiuh menakutkan ya…), ya setidaknya kita juga telah mengajari sejak dini bagaimana hidup bersaing dan kompetitif agar selalu belajar survive di lingkungannya. Adapun hal-hal yang diujikan sebenarnya tidak lah jauh dari apa yang teman-teman calon praktikan dapatkan teori sebelumnya di mata kuliah Pengantar Sistem Telekomunikasi.

Berikut suasana ketika pretest sedang berlangsung :

img_2669

img_26551 img_26201new

Adapun mengenai kegiatan Praktikum PST itu sendiri, banyak sekali…. ada berbagai kegiatan dan aktifitas yang dilakukan guna mendukung ilmu yang diberikan. Diantaranya kegiatan praktik di dalam lab hingga kegiatan asistensi (mentoring) berupa bimbingan ketika praktikum dan pasca praktikum untuk setiap percobaan yang diberikan.

Suasana Diskusi di Lab

Suasana Diskusi di Lab

Ada lima macam percobaan yang diberikan pada Praktikum PST ini, diantaranya mengenai Digital Transmission, Pulse Code Modulation, Double Side Band, Modulasi dan Demodulasi Frekuensi, serta Digital Switching. Selain itu berbagai percobaan di atas, para praktikan juga diberikan berbagai tugas yang berhubungan dengan dunia telekomunikasi lainnya agar mereka dapat menguasai dan menambah wawasan dengan dunia teknologi telekomunikasi sesungguhnya di luar, terutamanya teknologi yang sedang berkembang saat ini. Karena harapan kita mereka tidak hanya pandai dalam teori, akan tetapi hebat dalam praktik dan lebih-lebihnya kreatif akan menemukan inovasi baru dalam dunia teknologi. Amin.

Salam,

Koordinator Praktikum PST 2008/2009

Koordinator Praktikum PST 2008/2009 - ARIF FIRMANSYAH

Comments
  1. maba says:

    mas kalau membuat peraturan lab tolong jangan terlalu ketat donk.
    masak cuma kesalahan kecil saja misalnya dasar teori kurang padat sudah peringatan yang menyebabkan ngedel kuliah.
    kan tiap orang punya kesibukan mungkin mereka lagisibuk.
    tlg perbaki sistemnya ya mas.
    mksih

  2. Terima kasih atas sarannya…
    Tetapi itu semua merupakan sistem terbaik yang sudah kita rundingkan bersama, utk mendidik teman2 praktikan agar lebih disiplin.
    Kalaupun ada kesibukan, setiap orang pun pasti punya kesibukan. Skrg bagaimana teman2 mengatur kesibukannya, krn orang yg sukses itu bisa mengatur waktunya dan menyelesaikan semua pekerjaan ditengah kesibukannya.

  3. AndhiW says:

    good job boy,
    sedikit saran aja, mungkin perlu diusulkan adanya praktikum ttg telekomunikasi yg lain yg benar2 praktek, bukan sekedar pengantar, misal Internet Sharing, LAN, WLAN, VideoConference, Networking Simulation Software (Packet Tracert, BOSON) etc.
    kan PST dipadatkan jadi smstr genap aja, jadi perlu ada praktikum di smstr ganjil.

    Usul bisa disampaikan ke KaLab, make something different,
    jgn lupa klo bisa presentasikan usul anda + bikin proposalnya

    lanjutkan…

  4. Wah usulan yg menarik mas… Insya Alloh kan saya coba bawa ke KaLab. Tetapi memang berdasarkn wacana PST ke depan akan tetep ada tetapi diganti materi praktiknya, atau bisa juga akan ditiadakan tetapi dilebur bersamaan dgn mata kuliah teori lain yg saling korelasi.

    Bagaimana kabarnya mas…?

  5. AndhiW says:

    apik2 ae jeh,
    oh ya jgn lupa masalah kaderisasi di LAB, kasih bimbingan ke temen2 e46 telkom, supaya ga mulai dari nol lagi ketika pegang LAB.

    Ok deh, sukses aja bro

  6. Oh ya mas Insya Alloh itu msalah kaderisasi sudah jalan… bahkan gk hanya e46 bahkan e47 yg sanggup pun sudah mulai kita lakukan kaderisasi dan bimbingan melalui kegiatan2 lab, salah satu contohnya Lab Based Education.

  7. destya says:

    Asslm mas ..

    praktikan MNC Music tidak menemukan soal simulasi dan hitung2an di blog mas firman. bisa mohon bantuannya?

    maksiii…🙂

  8. Wa’alaikumsalam…
    Lha… coba lihat sekali lagi dengan cermat dan teliti, soal-soalnya sudah aku upload.
    Lihat di bagian page Praktikum PST yang di atas bukan di bagian yang ini. Terus lihat yang di bagian bawah sendiri, disitu ada tulisan Group MNC Music tanggal 18 Mei 2009.

    Kalau memang masih belum menemukannya, langsung datang saja ke saya. OK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s